Jembatan Suramadu

Pasti udah pada tau tho??? Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Surabaya dengan Pulau Madura ini merupakan jembatan terpanjang se-Indonesia. Jembatan yang dibangun pada Agustus 2003 ini memiliki panjang 5,4 km yang terdiri dari delapan jalur, dua diantaranya khusus pengguna sepeda motor dengan batas kecepatan 30-40 km/jam. Dan sisanya bagi kendaraan umum dan pribadi. Pembangunan jembatan Suramadu ini telah menghabiskan dana sekitar Rp 4,5 triliun. Jembatan ini pun sudah diprediksi akan bertahan hingga 100 tahun mendatang.
61112_jembatan_suramadu.jpg (191 KB)

Dengan adanya jembatan Suramadu ini akan mempermudah akses dari Surabaya menuju Pulau Madura yang semula membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan kapal Fery kini hanya dengan waktu sekitar 10 menit Surabaya–Madura pun sudah bisa terjangkau. Tarif yang dipungutpun akan lebih murah sekitar 40% s/d 60% dibanding dengan kapal Fery.

Disamping banyaknya keuntungan yang bisa dirasakan, ternyata disamping itu pula masih ada pihak yang merasa dirugikan. Seperi Nelayan misalnya, mereka mengaku dengan adanya jembatan Suramadu tersebut hasil tangkapan ikan yang mereka peroleh menjadi berkurang. Selain itu keluhan juga dirasakan oleh sebagian pedagang asongan yang khawatir penghasilan menjadi menurun.

Rencananya Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura  akan di resmikan hari ini Rabu 10 Juni 2009 oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sekitar pukul 10.00 WIB. Presiden akan menyusuri jembatan sepanjang 5,4 km ini menuju Bangkalan tempat peresmian Jembatan Suramadu. Peresmian ini juga akan dihadiri oleh ribuan orang baik dari Surabaya maupun dari Pulau Madura dan sekitarnya.

Wah, wah  ini sih bisa jadi icon baru Jatim nich…!!! Kira-kira bisa nyaingin jembatan yang ada di San Fransisco, Amerika g’ ya??? Ya semoga aja dengan adanya jembatan Suramadu ini akan bisa membawa banyak perubahan pada arah yang lebih baik lagi…!!!

2 Komentar (+add yours?)

  1. Dini Maulida
    Jun 29, 2009 @ 03:40:16

    aku rasa emang banyak manfaatnya sich dengan dibangunnya jembatan suramadu ini,tapi gimana kalo di tahun yang akan datang angka urbanisasi semakin tinggi???

  2. MAHFUDZ
    Jul 10, 2009 @ 05:35:27

    numpang berita…
    ada pendataan blog pelajar… cholida kiranya bisa ikut karena…ada reward dan undangan kumpul blogger pelajar.

    informasi dan pendaftaran
    http://karisma-itb.org/starityvaganza/

    btw banner lomba blog unlamnya dihilangkan ya…. dah kadaluwarsa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: