“Ancaman Aphopis”

Asteroid Apophis! Kalian semua sudah pada denger kabar terbaru mengenai asteroid ini belum??? Kalau belum, sini aku beri tahu! Kabarnya salah seorang Ahli Astronomi di Rusia yakni Boris Shustov mengemukakan bahwa asteroid Apophis, yang akan melintasi orbit Bumi pada 2029-2036 dengan jarak 27 kilometer, karena sesuatu hal dapat menghantam bumi.

Diperkirakan ledakannya dapat melebihi ledakan Tunguska pada 30 Juni 1908, yang merusak lahan seluas 2.150 kilometer persegi di Rusia dan merobohkan lebih dari 80 juta pohon di kawasan Krasnoyarsk di Siberia. Diperkirakan ledakan di udara yang berasal dari meteor ini berkekuatan antara 10 dan 20 megaton TNT, setara dengan seribu kali bom atom Hiroshima. Ledakan itu dapat menimbulkan gelombang kejut sekitar 5,0 skala Richter. Wow, tampaknya asteroid ini tidak akan seperti cerita-cerita Hollywood, karena menurut Shustov teknologi modern memungkinkan orbit asteroid itu dikoreksi dengan menggunakan sebuah satelit kecil. “Meledakkan asteroid, adalah langkah yang kurang bisa diperhitungkan, dan satu pendekatan lain yang lebih hati-hati telah tersedia sekarang dan sebuah mikrosatelit yang berisi 10 liter bahan bakar dapat memperbaiki jalur benda luar angkasa itu.”. katanya.

Berdasarkan perhitungan para ilmuwan, jika asteroid yang berukuran agak besar menabrak bumi, maka secara fundamental akan mengubah iklim bumi. Jika asteroid jatuh di tengah samudera, maka itu akan mengakibatkan gelombang Tsunami yang dahsyat dan membuang miliaran ton uap air ke atmosfer. Sebaliknya jika lokasi benturan di darat, maka abunya yang beterbangan akan menyelimuti cahaya matahari sepenuhnya, sehingga menyebabkan kepunahan makhluk hidup di bumi. Ada ahli yang berpendapat, bahwa kurang lebih pada 65 juta tahun silam, di atas bumi pernah terjadi tragedi serupa di bumi, sehingga mengakibatkan kepunahan dinosaurus.

ImageHost.org

Menurut Institut Astronomi Terapan Rusia,sekitar 400 asteroid dan lebih 300 komet saat menjadi ancaman potensial terhadap bumi. Tak hanya Rusia, Badan Antariksa AS (NASA) beberapa bulan lalu juga merilis asteroid berukuran raksasa,Aphosis, bergerak menuju bumi. NASA menyebutkan, jika mengtantam bumi, dampaknya lebih dahsyat dari bom atom yang pernah dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Jarak asteroid tersebut dari bumi sekitar 34.685 kilomeer dan dari hari ke hari kian mendekati bumi. Hingga suatu saat nanti, asteroid ini kelak bisa dilihat dengan mata telanjang. Jika tidak ada upaya penyelamatan, NASA memprediksi asteroid ini melewati bumi pada 13 April 2029 dan meghantam bumi pada tahun 2036.

Para ilmuwan telah menemukan ratusan ribu asteroid dalam sistem tata surya. Setiap bulan mereka menemukan sekitar lima ribu asteroid baru dari total 339.376 planet kecil yang terdaftar 136.563 di antaranya memiliki orbit yang cukup dikenal sehingga diberi nomor resmi yang permanen.

Beragam ide mengemuka untuk mengubah jalur asteroid. Advance Concept Team pada Badan Antariksa Eropa telah memimpin usaha merancang beberapa jenis satelit dan roket untuk menabrak asteroid yang akan menghantam bumi ke orbit lain. Satu ide yang tidak di setujui adalah penggunaan bahan peledak. Ide-ide tersebut akan di uji kesesuaiannya. Ih serem juga ya kalau asteroid itu sampai menghantam bumi? Apa ya yang bakalan terjadi? Ehm kira-kira aku bisa ikut nyumbangin ide nggak ya? Atau mungkin kamu-kamu?!

Editing from : Science and Mythology

By :M.Fadyat Vetra

Crazy Club Inc

Pekanbaru-Riau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: